Jumaat, 27 November 2015

Durian

Durian merupakan buah yang memiliki konsumen tersendiri. Sebagai tanaman buah, tentu harapan bagi penanam adalah bagaimana agar umur berbuah durian lebih cepat dari kebanyakan. Apakah ini bisa? Tentu dengan beberapa cara kita dapat mempercepat tanaman durian agar berbuah. Berikut beberapa cara agar pohon durian cepat berbuah, yang kami dapatkan dari berbagai informasi dan juga pengamatan.

Pilih bibit vegetatif
Menanam durian sebaiknya dari perkembangbiakan vegetatif. Misalnya,okulasi, sambungan dan Susan. Bibit Susan dan sambungan, lebih cepat berbuah dibanding dengan bibit okulasi, walaupun perbedaannya hanya beberapa bulan saja.

Pangkas batang pokok pada ujungnya
Bibit vegetatif pohon durian sebaiknya di pangkas ujungnya, jika bibit durian sudah mencapai Katinggian tertentu. Ada yang memangkas ujung tanaman durian setelah berumur dua tahun, dengan ketinggian pohon sekitar 2 meter atau lebih. Pemotongan batang pokok, berada satu meter diatas tunas. Dan bagian yang dipangkas sudah cukup keras atau menua yang ditandai dengan warna kulit yang agak kecoklatan atau kelabu-abuan.

Cara selain diatas dalam hal pemangkasan, batang pokok dibiarkan tumbuh sesuai kehendak kita. Jika sudah mencapai ketinggian tiga sampai lima meter baru batang pohon durian dapat dipangkas. Teknik pemangkasan serupa dengan cara pemangkasan pertama, yaitu satu meter diatas pangkal tunas.
Silahkan Anda sesuaikan dengan kata hati Anda. Baik dengan cara pertama dan kedua, sebaiknya bekas luka akibat pemangkasan ujung batang pokok harus dipotong dengan kemiringan 45 derajat. Bekas luka pemotongan tersebut, kemudian ditutup dengan parafin, atau bahan lain sejenis. Hal ini dilakukan bertujuan mencegah hama dan penyakit masuk ke pohon durian.

Jangan biarkan tumbuh ke atas 
Setelah pemangkasan ujung batang pokok, setiap tunas yang akan tumbuh ke atas yang menggantikan batang pokok yang dipotong harus dibuang. Sementara tunas-tunas yang tumbuh ke arah samping kanan dan kiri, dibiarkan tumbuh. Namun jika tumbuh ke atas sebaiknya juga dipotong. Artinya kita harus mengusahakan tunas pohon durian  mengarah ke samping. Dapat dibantu dengan tali kemudian kita ikat ke tanah. Atau dengan cara lain yang bertujuan menjadikan tunas pohon durian tumbuh ke samping. Batang atau tunas yang mengarah ke samping sebaiknya dipangkas apabila sudah tumbuh memanjang 5 meter.

Biasanya batang yang paling bawah akan lebih cepat berbuah, pada umur 3 sampai 4 tahun. Kemudian diikuti dengan  batang-batang bagian atasnya.

Teknik cara agar tanaman durian cepat berbuah di atas, dapat Anda coba...Selamat Menanam durian semoga cepat berbuah! 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan