Selasa, 1 Disember 2015

Menanam Buah Dalam Pot/pasu

[SHARE] Menanam Buah Dalam Pot | TABULAMPOT




Mari Menanam buah dalam pot ( Tabulampot ) adalah solusi bagi para kebuners/gardener/hobiis yang ingin menanam buah serta dengan hanya membutuhkan lahan sempit untuk menanam ragam tanaman buah yang kita inginkan. Tetapi tentu perawatannya dan segi pemeliharaannya membutuhkan perhatian extra. Sebab banyak yang terjadi dan juga pengalaman saya, tanaman buah dalam pot tersebut malah lambat dalam pembuahannya walaupun tanamannya lebat. Dimana yang kita butuhkan buah nya bukan ? hahaha..

Banyak dari kesalahan kita seperti terlalu rajin memupuk tanaman dengan dosis tinggi dengan maksud agar tanaman cepat berbuah, tetapi yang didapatkan malah hanya tanaman buah yang lebat serta rimbun tanpa menghasilkan buahataupun menghasilkan buah tetapi agak lama. Salah satu kesalahan yang paling lazim yang biasa kita lakukakan yakni pemberian pupuk kimia tanpa diserta pemberian pupuk organik yang dapat membuat tanah menjadi keras serta sulit mendapatkan unsur hara untuk pertumbuhan tanaman, hal ini berlaku bukan hanya untuk tanaman buah yah !


Hal lain yang mempengaruhi pembuahan juga salah satunya dari faktor genetik tanaman yang ingin anda tanam. Maka dari itu beberapa jenis tanaman dari bibit vegetatif diklasifikan ke beberapa grup tabulampot, yakni tabulampot kelas mudah, tengah, maupun yang sulit berbuah ( sulit berbuah bukan dalam artian sulit , tetapi akan membuthkan waktu lama). Untuk jenis tabulampot berjenis mudah, tanaman sudah dapat berbuah dalam waktu tanam berusia 6-18 bln dimana contohnya seperti buah naga, jambu biji, jeruk nipis, belimbing, kedondong. Sedangkan untuk jenis sedang memakan waktu sekitar 5 bulan hingga 3 tahun dimana contohnya seperto srikaya, nangka mini, delima, lengkeng, jambu air, sawo, serta anggur. Dan untuk tabulampot dengan kategori sulit berbuah dapat memakan waktu hingga 3 tahun lebih untuk berbuah. Maka dari itu anda harus bisa memilih dan memilah jenis tanaman buah yang ingin anda tanam dan mengetahui masa buah tanaman anda, agar anda telah memiliki gambaran sebelumnya.


Nah, setelah mengetahui jenis tanaman kita, berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan agar tanaman buah anda cepat berbuah.

Perhatikan Suplemen tanaman.
Suplemen tanaman penting agar tabulampot dapat tumbuh subur dan juga berbuah ranum, dimana suplemen dapat merangsang pertumbuhan tanaman agar cepat berbuah. Suplemen yang disarankan adalah pupuk organik, karena selain aman untuk lingkungan dan juga aman untuk kesehatan karena tidak mengandung residu, pupuk organik dapat berupa kompos organik yang dapat membuat tanah gemuk serta subur yang telah kita fermentasi sebelumnya sehingga memudahkan akar untuk menyerapnya.

Suplemen tanaman juga dapat berbentuk cair , dimana dapat kita sempotkan minimal 2 minggu sekali pada tanaman buah.

Waspadai Stres air
Tanaman buah tidaklah harus tiap-tiap hari disiram. Memang beberapa jenis buah yang spesifik membutuhkan pennyiraman yang sering seperti buah mangga. Ada baiknya anda mengetahui jenis tanaman buah anda dan adaptasi tanaman anda di tempat dingin, ataupun ditempat panas terlebih dahulu. Hindari tanaman yang airnya berlebihan sebab hanya akan membuat bagian daun yang bertambah lebat. Dan untuk penyiraman air di pagi hari, jangan menyiram air pada bagian daun sebab akan menghalangi proses fotosintesis tanaman.

Pengeratan batang.
Tabulampot juga membutuhkan batangnya dikerat atau "dilukai", dimana gunanya agar makanan yang telah ada dibatang tidak turun lagi melewati susunan kambium, tetapi jangan melakukan pengeratan batang terlalu berlebihan dan terus menerus, sebab akan dapat mengakibatkan batang mudah dimasuki air dan membuat akar busuk.Pengeratan bataang dapat kita lakukan pada periode musim panen.Tanaman buah dalam pot juga butuh batangnya dikerat. tehniknya batang dikerat atau seolah-olah dilukai. Untuk beberapa jenis tanaman membutuhkan penanganan dan perawatan berbeda, seperti mangga . Dimana jagan melakukan pengeratan pada musim hujan sebab dapat berakibat fatal dan membuat batang busuk.

Sinar matahari.
Tentu kita semua mengetahui hal yang satu ini, sebab tanaman membutuhkkan sinar matahari untuk proses fotosintesis, tetapi kita perlu mengelompokkan tanaman yang membutuhkan sinar matahari langsung, seidkit maupun banyak, sebab tidak semua tanaman suka akan cahaya matahari yang " berlebihan " seperti belimbing atau manggis.Sedangkan tanaman buah yang membutuhkan banyak sinar matahari seperti Mangga, ceri, sirsak, kelengkeng.

Pemangkasan
Kita dapat melakukan pemangkasan pada daun-daun tua tanaman, dimana selain membuat tabulampot kita terlihat menarik, dan juga kokoh.Untuk hasil yang maksimal pemangkasan dapat kita lakukan sejak awal bibit mulai bertumbuh tapi tentu membutuhkan waktu yang extra, tetapi keutungannya adalah tabulampot dapat kita bentuk sesuai selera.

Penanganan dan Perhatian Extra terhadap hama.
Hama pada tanaman biasanya terjadi pada musim hujan dimana tanaman rawan diserang seperti kutu daun, bercak pada daun, batang maupun akar yang busuk.Kita menggunakan pestisida ataupun biopestisida secara alami untuk penanganan hama yang dapat merusak tanaman buah kita.Selain itu pemilihan pot dapat juga berperan menangkal hama dengan memilih pot dengan pengendalian air.

Kebersihan
Dengan menjaga kebersihkan tabulampot akan dapat menangkal hama, penyakit serta dengan perawatan yang tepat , tabulampot anda berbuah dengan cepat serta hasil yang maksimal.

Sekian share Menanam Buah Dalam Pot | TABULAMPOT , silahkan bagi yang ingin share pengalaman, koreksi, atau ada tambahan yuk dibahas dimari..

Terima kasih..

Best Regard
+++FloraMania+++

Tiada ulasan:

Catat Ulasan